Jumat, 30 Desember 2016

Cara Menghargai Kreasi Orang Lain

Cara Menghargai Kreasi Orang Lain


Bagaimana perasaanmu jika karya ciptaanmu dicontek temanmu, kemudian dilaporkan kepada guru sebagai hasil karyanya? Kamu pasti marah, bukan? Perbuatan seperti itu disebut pembajakan. begitu juga dengan program komputer. untuk melindungi hak cipta seseorang.
pemerintah membuat aturan mengenai hal tersebut. apakah sanksi bagi yang membajak program komputer? Bacalah isi UU Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002 Pasal 72 Ayat 3 berikut.
      "Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk
kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara
paling lama 5 (Lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah)".
    Saat ini banyak program komputer bajakan yang diperjualbelikan. sebagai warga negara yang taat hukum, kamu harus menghargai kreasi orang lain.
Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan.
1. Menggunakan program komputer asli
2. Menghindari mengopi (membuat duplikat) secara tidak sah.
     Jika kamu melakukan hal tersebut, berarti kamu telah menghargai
kreasi orang lain. Selain itu, dengan menggunakan program komputer asli, kamu akan terhindar dari kerusakan perangkat komputer lebih dini.
 
Gambar  pemusnahan produk bajakan

    Meskipun membajak program komputer dilarang, ada beberapa kondisi yang memungkinkan pembajakan diizinkan. Pertama, jika program komputer tersebut telah terdaftar lebih dari 50 tahun. kedua, jika program asli dan tidak untuk diperjualbelikan.

1 komentar:
Write komentar
  1. Tabletop Teton's Titanium melting point: All the important facts - TITNIA
    Teton's aftershokz trekz titanium Titanium melting point: All the used ford edge titanium important facts. TITNIA has a titanium jewelry for piercings beautiful crystal dome, columbia titanium boots an elegant stone-cold stone-cold stone-cold stone-cold titanium drill bits stone-cold

    BalasHapus